Duh, Saya Tidak Sengaja Menelan Bracket Behel, Gimana ya?

Duh, Saya Tidak Sengaja Menelan Bracket Behel, Gimana ya? - Anda mungkin pernah melihat berita tentang seorang wanita di Australia yang memiliki kawat ortodontik yang dikeluarkan dari ususnya 10 tahun setelah kawat gigi diangkat. Itu cukup untuk membuat orang sedikit paranoid untuk tanpa sengaja menelan sepotong bracket dari kawat gigi mereka.

Untungnya, ini adalah salah satu hal yang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Kemungkinan tanpa sengaja menelan bagian dari kawat gigi anda sangat jarang terjadi, tapi penting untuk mengetahui bagaimana menanganinya jika anda secara tidak sengaja berada dalam keadaan ini.

Duh, Saya Tidak Sengaja Tertelan Bracket Behel, Gimana ya?

Duh, Saya Tidak Sengaja Tertelan Bracket Behel, Gimana ya?
Duh, Saya Tidak Sengaja Tertelan Bracket Behel, Gimana ya?


Ada beberapa cara bracket atau wire di dalam mulut bisa menjadi terlepas. Jika anda mencoba mengatur braket yang longgar dengan sendirinya, anda mungkin akan mengetuknya dan menelannya sebelum anda tahu apa yang terjadi.

Menelan mungkin juga terjadi akibat trauma gigi yang terjadi saat anda memakai kawat gigi. Dalam kasus ini, anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter gigi pilihan anda untuk mendapatkan layanan darurat setelah mengalami cedera.

Terkadang, braket juga bisa salah diletakkan saat anda berada di kursi ortodontis ketika kawat gigi anda tengah disesuaikan atau diganti. Jika ini terjadi pada anda, ahli ortodontik di sana akan membantu dengan cara apa pun yang diperlukan.

Risiko menelan tanpa disengaja tidak hanya berlaku untuk kawat gigi. Pasien menelan mahkota sementara, tambalan logam, dan benda-benda terkait gigi lainnya. Aturan yang sama berlaku yakni mencari bantuan medis untuk semua kasus.

Jika anda menelan braket, kawat, atau karet dan memperhatikan bahwa anda mengalami kesulitan bernafas, itu bisa berarti potongannya bisa saja tertangkap di paru-paru. Anda harus segera mencari pertolongan medis jika hal ini terjadi.

Komponen Behel Gigi
Komponen Behel Gigi


Setelah menerima hasil sinar-X, dokter akan menentukan tindakan tindakan yang tepat untuk mengeluarkan benda dan memberi tahu dokter ortodontik pilihan anda tentang situasinya. Anda mungkin perlu mengunjungi ahli ortodontik untuk penggantian bagian begitu barang ini dilepaskan dengan aman dari tubuh anda.

Sepanjang jalur yang sama, temui dokter jika anda mengalami sakit perut setelah menelan braket. Ini bisa berarti bahwa itu tertangkap di saluran pencernaan dan tidak akan berlalu tanpa intervensi medis.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Science Direct, pembedahan diperlukan kurang dari 1 persen pada kasus ini. Bahkan jika operasi diperlukan untuk mengangkat braket, itu tidak cukup besar untuk menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh anda. Jadi tenang, dan jangan panik !

(Behel Gigi)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar